Pengembangan dan Penerapan Bioteknologi Kelautan Perlu SDM Kelautan Yang Handal

Menteri Departemen Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Fredi Numberi mengatakan dirinnya selalu insan kelautan, mengajak seluruh insan perikanan dan kelautan lebih giat mendalami IPTEK, dimana dalam bidang kelautan masih banyak peluang teknologi yang bisa digali lebih jauh. Demikian imbaunnya belum lama ini.
Di ungkapkan, Seringkali kita bicara besarnya potensi sumberdaya alam yang dimiliki oleh indonesia, namun seringkali juga kita lupa bahwa pemanfaatan potensi yang besar tersebut akan menjadi terhambat apabila dukungan IPTEK tidak secara simultan dilakukan. atau bahkan laju pemanfaatan tersebut dapat menjadi tidak terkendali jika teknologi yang diterapkan bersifat merusak dan tidak memikirkan kaidah-kaidah pembangunan berkelanjutan.
Di sisi lain, IPTEK tak mungkin bisa berkembang tanpa peningkatan kualitas sumberdaya manusai (SDM). Keduanya harus berjalan beriringan dan bersinergi. SDM yang tangguh dari segi kualitas dan kuantitas akan menunjang.Lebih lanjut Numberi mengatakan bahwa pengembangan dan penerapan bioteknologi kelautan antara lain untuk industri farmasi, makanan, kosmetik melalui teknik ekstraksi, bioactive subtances atau marine natural priduct. Tukasnnya.
Tidak hanya itu, pengembangan serta penerapan teknologi eksplorasi dan eksploitasai sumberdaya alam tidak dapat pulih seperti pertambangan masih dapat di kembangkan. ”Jadi bukan hanya bioteknologi namun eksploitasi sumberdaya alam seperti pertambangan dapat berkembangkan diwilayah Indonesia tentunya dengan penelitian dan di backup sumberdaya manusia yang handal”, jelasnnya.
Dijelaskan, selain pengembangan bioteknologi dan eksplorasi dan ekploitasi masih ada pengembangan serta penerapan teknologi pendayagunaan potensi sumberdaya energi non konvensional seperti OTEC (Ocean Thermal Energy Conversion), energi kinetik dari pasang surut dan gelombang laut, serta energi alternatif yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Contohnya Pengembangan teknologi eksplorasi laut dalam (deep sea water eksploration), Penguasaan, pengembangan dan penerapan teknologi pengelolaan limbah di kawasan pesisir dan laut serta pengendalianya, serta Penerapan IPTEK lain untuk berbagai bidang yang terkait dengan pengembangaan teknologi kelautan dan kemaritiman. (wan)

Satu Balasan ke Pengembangan dan Penerapan Bioteknologi Kelautan Perlu SDM Kelautan Yang Handal

  1. olla mengatakan:

    sippppp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: