Perusahaan Pengolahan Ikan Ditutup Bupati

Bupati Kaimana di Papua Barat, Hasan Achmad menghentikan sementara kegiatan pembangunan pengolahan perikanan PT Avona Mina Lestari di sekitar wilayah Namatota, Teluk Triton. Pasalnya, perusahaan ini belum melengkapi diri dengan dokumen analisis mengenai dampak lingkungan di atas lahan yang didirikan di atas kawasan konservasi laut daerah.
 
”Saya tidak mau mengejar investasi keuntungan dengan mengorbankan dampak sosial dan fisik bagi masyarakat serta lingkungan,” ujar Hasan Achmad, Jumat (11/7) di Jayapura, Papua.
 
Ia mengakui pendirian perusahaan ini telah mendapatkan izin dari masyarakat Namatotal. Surat kontrak ini ditandatangani Raja Namatota, Hayum Ombaier sebagai pemilik hak petuanan/ ulayat wilayah Namufa dan Arawala. Disebutkan, kontrak bernilai 2.150 dollar amerika per tahun untuk areal seluas 10 hektar ini berlaku dari 9 Juni 2008 hingga 8 Juni 2038 atau 30 tahun.
 
Hasan Achmad mengatakan, penyerahan hak ulayat kepada pengontrak Dwi Sulis Setyowati (28), warga Teluk Etna Kaimana ini tidak secara otomatis aktivitas pembangunan perusahaan perikanan. Namun menurut informasi, di kawasan itu telah dipasang patok-patok pembatas dan siap dibangun.
 
Dikatakan, Pemkab sangat berhati-hati terhadap pembangunan di kawasan Teluk Triton. Ini karena pada April kemarin hampir seluruh tokoh adat dan kepala suku Maerasi, Irarutu, Koiway, Oburau, Madewana, dan Kuri mendeklarasikan kawasan konservasi laut daerah. Mereka menyerahkan kewenangan pengelolaan Teluk Triton seluas 539.484 hektar kepada pemerintah kabupaten.
 
“Sebelum kegiatan harus ada dokumen Amdal. Saya sudah minta Universitas Negeri Papua untuk mengurus Amdal,” ujar putra Namatota ini. Dijelaskan, Avona telah memiliki usaha penampungan ikan di Kaimana.
 
Usaha perikanan yang akan didirikan di Namatota ini, ujar Bupati, merupakan industri pengolahan ikan. Nilai investasi yang ditawarkan sebesar Rp 60 miliar dengan merekrut 1.000 tenaga kerja. ”Ini merupakan industri pengolahan siap ekspor. Memang limbar cairnya dapat mencemari lingkungan. Karena itu perlu dokumen Amdal sebelum beroperasi,” ujarnya.

3 Balasan ke Perusahaan Pengolahan Ikan Ditutup Bupati

  1. andryjuristson mengatakan:

    berta PT Avona hari ini mengenai gaji pegawai

  2. andryjuristson mengatakan:

    berita gaji pegawai PT Avona, Indonesia?

  3. andryjuristson mengatakan:

    berita perusahaan PT avona, Indonesia?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: