Seribuan Nelayan Datangi DPRD Kota Baru

Seribuan nelayan yang tergabung dalam perkumpulan Ikatan Nelayan Saijaan atau Insan berunjuk rasa di DPRD Kotabaru, Kalimantan Selatan, Senin (26/5). Aksi itu mereka lakukan sebagai bentuk protes dan penolakan terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM.

Sebagian besar nelayan tradisional di Kotabaru kini tidak melaut karena terpukul akibat tingginya harga eceran minyak tanah dan solar sejak adanya kenaikan harga BBM tersebut. Minyak tanah ditingkat eceran dijual Rp 8.000 per liter dan solar Rp 10.000 per liter.

Ketua Insan, Arbani di Kotabaru, Senin, mengatakan para nelayan mendesak DPRD Kotabaru untuk segera meminta pemerintah daerah menetapkan harga eceran tertinggi di daerah untuk minyak tanah dan solar.

Desakan itu disampaikan karena penjualan kedua jenis BBM itu pada tingkat eceran sudah tidak terjangkau lagi oleh nelayan setempat.

Padahal, katanya, kedua jenis BBM itu sangat diperlukan, yakni untuk perluan rumah tangga dan usaha mereka melaut untuk menangkap ikan. Bahkan, para nelayan sekarang ini untuk menyambung hidup, terpaksa harus mengoplos minyak tanah dan solar atau minyak tanah dan oli bekas agar bisa melaut.

“Ini karena sudah tidak sanggup lagi membeli solar secara utuh, walapun yang menjadi korban mesin cepat rusak,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kotabaru Alfitri Supiannoor yang menemui para pengunjuk rasa mengatakan, DPRD Kotabaru segera akan meminta pemerintah kabupaten setempat untuk mengeluarkan harga eceran tertinggi BBM. Hal ini sangat penting karena ekonomi kabupaten ini bergantung dari kegiatan perikanan laut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: