Tampil Dengan Rambut Yang Kilau

Iklan sampo dan berbagai produk perawatan rambut di televisi selalu menakjubkan. Semua menawarkan diri paling mutakhir sebagai solusi berbagai masalah rambut. Banyak orang pun tersihir dan ingin segera mencobanya.

Rambut terbangun atas protein dan keratin. Rambut tidak memiliki sistem saraf maupun pasokan darah. Rambut tidak dapat memperbaiki diri, sehingga harus dipelihara secara cermat agar tetap kuat, elastis, dan bersinar.

Banyak sampo dan kondisioner menjanjikan diri dapat memperbaiki kerusakan rambut. Padahal tidak benar! Sekali rambut rusak, cara memperbaiki hanyalah memotong yang rusak.

Rambut memerlukan perawatan rutin. Cobalah cara perawatan ini agar mahkota Anda selalu tampak sehat!

Keringkan secara hati-hati
Mengeringkan dengan handuk bisa jadi penyebab kerusakan rambut. Menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai-helai rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk, sehingga tertarik dan mudah putus, rusak pada kutikel, dan ujung rambut terbelah. Jadi, tepuk-tepuk saja rambut basah dengan handuk, lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut. Memang cara ini agak makan waktu, tetapi berharga untuk rambut Anda.
Pengeringan dan tindakan blow juga dapat membuat rambut dan kulit kepala sangat kering. Untuk mencegahnya, semprot rambut dengan thermal styling atau bahan antikusut. Ini akan membuat rambut lebih mudah disisir dan melindungi rambut dari panas yang merusak. Lalu rambut bisa dikeringkan dengan alat pengering. Beri jarak 15-20 cm antara pengering dan rambut, dan gerakkan dengan lembut dari satu sisi ke sisi lain. Kalau bisa sih, jangan gunakan pengering sama sekali. Biarkan rambut kering secara alami.

Hati-hati menyisir
Gunakan sikat atau sisir bergigi jarang untuk rambut basah. Ini akan meminimalkan kerusakan akibat rambut tertarik oleh sisir.

Cuci dengan air dingin atau hangat
Air yang terlalu panas akan membuat rambut dan kulit kepala kering. Jadi jangan main-main dengan air panas.

Hati-hati air kolam
Air kolam renang mengandung zt kimia yang dapat membuat rambut kering, rusak, dan kusam. Untuk meminimalkan kerusakan akibat klorin itu, basahi rambut dengan air bersih dari kran sebelum mencebur ke kolam. Ini dapat membantu mencegah rambut tidak menyerap air kolam. Atau bawalah botol spray yang sudah diisi campuran air bersih dan sesendok makan kondisioner. Sebelum nyemplung ke kolam, basahi dulu rambut Anda dengan campuran ini, untuk mencegah rambut rusak, kering, dan kusam.

Hindari zat kimia
Berulangkali mewarnai rambut justru akan merusaknya. Cat rambut bisa bertindak kasar pada rambut dan kulit kepala Anda.

Jangan keramas berlebihan
Mentang-mentang diberi label daily shampoo, Anda merasa aman memakainya setiap hari. Sampo umumnya didesain untuk menimbun agen pelembut seperti pelindung dan pelembut rambut ke dalam batang rambut. Jika Anda kelewat rajin keramas, pelindung itu tak sempat bekerja optimal, tetapi sudah ikut tersapu bersih.

Kontrol Kering
Jika pemakaian pelembab atau protein kurang, rambut akan mudah kering. Gunakan kondisioner dan pelembab yang baik. Anda juga bisa mengoleskan sejenis serum pelembut agar rambut lebih mudah diatur dan bersinar.

Agar rambut sehat dan kuat Jangan lupa konsumsi makanan bergizi, minum banyak air putih, konsumsi vitamin, tidur cukup, dan kelola stres dengan baik. Rambut adalah cerminan kondisi keseluruhan tubuh Anda. Tubuh yang terawat secara sehat akan memiliki rambut yang kuat, bersinar, dan memukau.

***
Untuk rambut lurus
Cuci dengan sampo lembut dan jangan lupa usapkan kondisioner. Jangan lupa memangkasnya sedikit setiap enam minggu sekali untuk mencegah pecah-pecah di ujungnya, terutama jika rambut panjang.

Untuk rambut tipis
Pilih produk berbahan dasar air yang tidak meninggalkan sisa residu dan membebani rambut. Pilih potongan rambut pendek agar tidak kelihatan tipis.

Untuk rambut berombak
Untuk mengempiskan volume rambut, gunakan kondisioner yang agak padat untuk menambah berat rambut. Produk berbahan dasar minyak akan membuat rambut bersinar dan lebih berat. Paling baik potongan dengan panjang yang sedang saja.

Untuk rambut keriting
Gunakan pelembab yang kuat untuk menjaga kelembutannya. Potongan pendek membuat rambut tampak lebih rapi. Jika panjang, sebaiknya dibuat berlapis (layer) untuk mengurangi volumenya. (Gaya Hidup Sehat)

Sumber KCM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: