Menpora Luncurkan Program Atlet Unggulan

JAKARTA–MEDIA: Pemerintah melalui Kantor Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) akan segera meluncurkan Program Atlet Unggulan (High Performance Program) sebagai pengganti Satuan Tugas

Pemusatan Latihan Nasional (Satgas Pelatnas).

“Satgas (Pelatnas) akan digantikan dengan program Atlet Unggulan ini dan dalam program ini, Kantor Menpora akan berkoordinasi dengan KOI (Komite Olimpiade Indonesia),” kata Menpora Adhyaksa Dault di Jakarta, Senin (14/1).

Adhyaksa menegaskan bahwa Program Atlet Unggulan tersebut untuk menghindari program Pelatnas yang selama ini berjalan secara sporadis dan tidak terarah. Selama ini, menurut Adhyaksa, atlet nasional seusai bertanding di multi event internasional seperti SEA Games, akan pulang ke daerah

masing-masing tanpa adanya pengawasan dari pelatih.

Akibatnya, kondisi fisik mereka harus ditingkatkan lagi dengan program dari awal karena di daerah masing-masing para atlet tersebut memang tidak dipantau. Kondisi tersebut selalu berulang di setiap akan diadakan Pelatnas menghadapi multi event seperti SEA Games, Asian Games, atau Olimpiade.

“Dengan adanya Program Atlet Unggulan tersebut, para atlet akan menjalani program latihan jangka panjang dan tidak ada lagi program Pelatnas yang sepotong-sepotong,” katanya.

Sasaran dari program tersebut menurut Adhyaksa adalah untuk setidaknya meningkatkan posisi ke peringkat ketiga di SEA Games 2009 di Laos, serta SEA Games 2011 di Indonesia.

“Program ini akan berlangsung selama empat tahun secara berkesinambungan dengan sasaran utama menjadi juara umum di SEA Games

2011,” katanya.

Sementara itu Deputi Menpora Bidang Pembinaan Prestasi Hari Setiono mengatakan, untuk membicarakan program tersebut, pihaknya akan mengundang induk-induk organisasi olahraga, KON, dan pemangku kepentingan (stake holder) olahraga lainnya untuk diminta masukan.

“Dengan adanya masukan dari induk organisasi, KON, dan pihaknya lainnya,

diharapkan bisa segera diputuskan langkah-langkah apa saja yang akan

diambil menghadapi multi event mendatang,” kata Hari Setiono yang didampingi Deputi Bidang Pemberdayaan Olahraga Junusul Hairy. (Ant/OL-03)

sunting : wawan Media Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: