Jempatan Suramadu Rampung Akhir Tahun Ini

JAKARTA: Pembangunan jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) ditargetkan selesai pada akhir tahun 2008, sehingga tahun 2009 sudah dapat dioperasikan.

“Secara keseluruhan, pembangunan sudah 68%. Pemerintah pada tahun ini mengalokasikan dana APBN untuk penyelesaian pembangunan jembatan Suramadu sebesar Rp1,29 triliun untuk penyelesaiannya,” kata Dirjen Bina Marga Departemen PU Hermanto Dardak di Jakarta, Senin (14/1), seusai menghadiri pelantikan pejabat eselon I Departemen PU.

Progres pembangunan fisik sudah sangat terlihat pada causeway (jalan pendekat) sisi Surabaya. Berdasarkan hasil peninjauan, sisi ini sudah selesai hingga pada tahap pelantaian dengan beton.

Selain itu diharapkan menara pada sisi Surabaya pada Februari sudah dapat terselesaikan. Sementara itu untuk menara sisi Madura akan selesai pada pertengahan April. Hermanto Dardak mengatakan material pembangunan dari China seperti cable dan steel box girder juga sudah datang sebagian. Material didatangkan dari China dalam tiga tahap.

Pembangunan causeway sisi Madura berjalan relatif lebih lambat dibanding dengan sisi Surabaya. Saat ini masih tersisa 12 bentang dari 45 bentang yang harus dibangun. Alokasi anggaran APBN 2008 untuk pembangunan jembatan sepanjang 5,5 km ini senilai Rp1,29 triliun. Jumlah dana tersebut masih akan ditambah Rp500 miliar yang berasal dari pinjaman China, karena adanya penyesuaian desain.

Sementara itu pembebasan lahan untuk jalan akses jembatan Suramadu juga akan diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk pembebasan lahan jalan akses sisi Surabaya sepanjang 4,3 kilometer tinggal tersisa satu persen lagi, sedangkan untuk jalan akses sisi Madura sepanjang 11,5 kilometer masih tersisa empat persen.

(Ant/OL-03)
Sunting :Wawan
Media Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: