2025, Ambisi Russia Kirim Manusia ke Mars

Meski perang dingin antara AS dan Russia sudah selesai, kedua negara masih berlomba-lomba dalam menaklukkan ruang angkasa. Russia menetapkan target yang lebih ambisius daripada AS untuk mengirimkan manusia pertama ke Planet Mars.

“Kami mengambil semacam langkah lebih depan dalam perlombaan ini mengingat kami memiliki pengalaman terbaik dalam mengendalikan wahana ruang angkasa,” ujar Lev Zelyony, direktur Space Research Intitute, Russia, seperti dilansir kantor berita Interfax, Selasa (8/1).

Russia berambisi menjadi negara pertama yang mengirimkan manusia ke Mars. Secara teknis maupun ekonomis, ujar Zleyony, Russia mampu melakukannya pada tahun 2025. Target tersebut menyalip AS yang sebelumnya sudah lebih dulu mengungkap rencananya mengeksplorasi Mars secara terperinci.

Target tersebut juga lebih ambisius dari rencana semula. Pada akhir Agustus 2007, Anatoly Perminov, kepala badan antariksa Russia Roskosmos, mengatakan bahwa tahun 2025 baru menjadi target pengiriman misi berawak ke Bulan. Misi ke Mars baru ditargetkan sepuluh tahun kemudian.  
 
“Kami sudah kalah dalam perlombaan ke Bulan,” ujar Zelyony. AS berhasil mendaratkan mansuia pertama ke Bulan  pada 20 Juli 1969 melalui misi Apollo 11 dan total berhasil menuglnagnya hingga 6 kali misi hingga misi Apollo 17 tahun 1972. Russia sampai sekarang tak sekalipun berhasil mengirimkan misi berawak ke Bulan.

Menurut Zelyony, persaingan ke Mars lebih bergengsi dan akan mengangkat citra Russia dalam bidang teknologi ruang angkasa.(AFP/WAH)

Sumber: AFP
Wartawan: WAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: