Mesin Pencari Wikia Search Resmi Diluncurkan

Setelah setahun dikembangkan, mesin pencari berbasis open source, Wikia Search, akhirnya resmi diluncurkan hari ini, Senin (7/1). Kemunculannya digembar-gemborkan akan menjadi tandingan Google yang diakui sebagai mesin pencari terbaik di Internet saat ini.

Wikia Search tidak berkaitan langsung dengan Wikipedia meski namanya mirip dan sama-sama dicetuskan Jimy Wales. Jika ensiklopedia bebas Wikipedia merupakan proyek nonprofit, Wikia Search akan dijadikan ladang uang seperti skema iklan yang ditawrakn Google.

Namun, keduanya sama-sama punya semangat keterbukaan dan tranparansi dengan berbasis open source yang dibangun bersama oleh komunitas. Wikia Search memberikan kebebasan bagi setiap penggunanya untuk berpatisipasi dalam dua cara. Pertama, setiap pengunjung dapat memberi peringkat di setiap hasil pencarian dengan sistem pilihan bintang. Kedua, algoritma pencarian yang dipakai di balik layar bebas diunduh sehingga siapapun yang memiliki dasar pemrograman dapat mengotak-atik dan berbagi di komunitas.

Bagi Wales, transparansi algoritma memang kekuatan yang diinginkan Wikia Search. Mesin pencari lainnya, Google sekalipun, masih merahasiakan algoritma pencariannya agar penyedia situs yang ingin memanfaatkan tidak bisa mengotak-atik dan menjaga pesaingnya mencuri cara kerjanya. Namun, Wales berpendapat bahwa penting untuk mengetahui bagaimana algoritma pencarian bekerja sebab hal tersebut merupakan suatu pernyataan editorial. Bukan zamannya lagi membiarkan pengunjung bertanya-tanya dengan hasil pencarian.

Misalnya, Anda mencari dengan kata kunci ’Kompas’, kira-kira apakah Anda puas dengan hasil yang dikeluarkan Yahoo, Google, atau mesin pencari lainnya. Kalau Anda tahu algoritma apa yang dipakai setiap mesin pencari, Anda tentu paham mengapa keluar hasil demikina sehingga bisa memilih mesin pencari yang cocok. Proyek Wikia Search sudah diumumkan sejak akhir tahun 2007 dan saat itu belum dijelaskan bagiamna cara kerjanya. Pada Juli 2007, Wikia mengakuisisi sistem pengindeks Grub dan merilisnya dengan lisensi open source.

Namun, baru balam beberapa minggu terakhir, proyek ini melahirkan versi pre-alpha yang tersedia terbatas untuk pengguna terpilih. Saat ini, mesin pencari Wikia Search sudah dalam versi alpha.

Wales tidak yakin layanan ini akan siap untuk melakukan pencarian sesuai harapan dalam beberapa tahun ke depan. Ia katakan tujuan utamanya bukan segera menjadi pesaing Google atau Yahoo. “Beberapa orang berharap kami dapat menghasilkan kualitas hasil pencarian yang lebih baik (suatu saat nanti),” ujar Wales merendah. Ia menjanjikan perkembangan Wikia Search akan selalu dibuka untuk publik. Akankah kejayaan Wikipedia akan terulang? Waktu yang akan menjawab.

(ARS TECHNICA/WAH)
Coba Wikia Search: http://alpha.search.wikia.com
Update Wawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: