Listrik Padam, Pemeriksaan Atas Dhani Dihentikan

1, April 2008

Gara-gara listrik padam, BAP Ahmad Dhani di Polres Jakarta Selatan, Senin (31/3), sebagai saksi pelapor terkait kasus fitnah atas Bambang Rachmadi, dihentikan sementara. Padahal Dhani tengah menjalani penyidikan dengan 10 pertanyaan dan memakan waktu lebih dari satu jam. Untuk agenda selanjutnya belum dapat ditentukan, menunggu jadwal dari Dhani.

Menurut keterangan dari pengacara Dhani, Lidya Wongsonegoro, kedatangan kliennya kali ini atas penggilan pihak kepolisian. “Kita di sini membantu kinerja kepolisian menuntaskan kasus ini,” jelas Lidya. Dalam kesempatan tersebut Dhani juga menyerahkan sejumlah barang bukti, salah satunya adalah rekaman preskon Bambang Rachmadi tanpa diedit. “Saya harus melakukan ini karena dituduh memfitnah. Mungkin kita juga tidak tahu. Mungkin saya bisa menjadi pemimpin besar, makanya saya harus membersihkan nama.

Saya juga cukup tahu soal ilmu agama dan fikih bahwa fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan. Membunuh saja saya tidak berani, apalagi memfitnah,” tandasnya. Oleh karena itu, Dhani berani bertaruh kalau sampai saat ini namanya tidak pernah tercatat di instansi manapun juga, terkait dengan tindak kriminal apapun. Dengan lengkapnya barang bukti yang dimilikinya, Dhani juga tidak menutup kemungkinan bakal menaikkan tuntutan. “Bisa saja, kita kalikan lima ribu lagi atau berapa, bahkan bisa sampai trilyunan. Itu semua tergantung dengan diatas,” ujarnya kalem.

Dedengkot grup Dewa 19 ini terlihat tenang-tenang saja, dengan adanya kemungkinan terror dari FBR. “Kita lihat riilnya saja, lihat proses hukumnya saja. Kalaupun dia telah melaporkan saya ke Polda, buktinya sampai saat ini saya belum dipanggil. Dan saya akan terus proses kasus ini sampai selesai,” katanya mantap. (kpl/ant/tri)


Sperma OK Berkat Asupan Folat

1, April 2008

BAGI Anda para lelaki, memiliki kualitas sperma yang prima hukumnya adalah wajib khususnya mereka yang tengah dalam program memiliki keturunan. Guna menjaga dan meningkatkan kualitas cairan tubuh berisi sel-sel ini, ada baiknya Anda mencoba meningkatkan konsumsi makanan yang kaya akan kandungan folat.

Petunjuk akan pentingnya kandungan folat bagi kualitas sperma diungkapkan sebuah studi yang dilakukan ahli dari Universitas California, Berkeley Amerika Serikat.  Riset yang juga dipublikasikan jurnal Human Reproduction ini menyimpulkan bahwa diet yang kaya folat akan melindungi para pria dari abnormalitas sperma serta menghindarkan lahirnya anak-anak yang mengalami penyimpangan genetika.

Riset yang dipimpin Profesor Brenda Eskenazi ini berhasil menemukan  indikasi bahwa konsumsi makanan yang kaya folat berkaitan dengan minimnya kadar sperma yang mengalami aneuploidi atau kesalahan jumlah kromosom. 

Diperkirakan sekitar 4 persen dari sperma para pria sehat terdapat sel-sel yang mengalami aneuploidi atau membawa terlalu banyak jumlah kromosom atau bahkan terlalu sedikit.  Kelainan ini dapat menyebabkan kegagalan proses kehamilan, keguguran atau pun lahirnya anak dengan kondisi seperti Down Syndrome, Turner Syndrome dan Klinelfelter Sydrom.  Namun begitu, alasan mengapa spema ini dapat termutasi dalam cara seperti itu belum dapat dipahami benar oleh para ahli.

Dalam risetnya, Berkeley dan timnya menganalisa sampel sperma dari 89 pria sehat yang bukan perokok.  Partisipan ditanya soal asupan sejumlah vitamin dan mineral seperti seng, folat, vitamin C, vitamin E dan beta karoten. Asupan folat yang diperoleh para partisipan berasal dari makanan yang mereka konsumsi serta dalam bentuk sintetis  yakni suplementasi asam folat. Folat, yang selama ini dikenal melindungi bayi dari kecacatan lahir, banyak ditemukan pada sayur-sayuran berdaun hijau, buah-buahan serta biji-bijian.

Dari hasil riset tampak bahwa secara statistik terdapat kaitan signifikan antara asupan folat dengan rendahnya aneuploidi sperma.  Pria yang paling banyak mengonsumsi  folat – antara 722 hingga 1150 mikrogram sehari – tercatat memiliki 20-30 persen lebih rendah jumlah sperma yang mengalami aneuploidi di bandingkan pria yang asupan folatnya kurang.

Peneliti menekankan bahwa riset ini belum dapat membuktikan folat memiliki dampak atau pengaruh langsung terhadap kualitas sperma, melainkan semata-mata hanya menunjukkan adanya hubungan antara keduanya.  Mereka juga menyatakan pentingnya riset lebih lanjut untuk meneliti faktor penyebab serta pengaruhnya.

Walau demikian, Profesor Brenda Eskenazi berpesan bahwa meski pentingnya nutrisi bagi para wanita dalam reproduksi telah dikenal luas,  namun peran nutrisi pria juga memiliki arti penting.

“Dalam beberapa riset sebelumnya,  kami dan peneliti lain telah mengindikasikan bahwa asupan nutrisi mikro dapat memberi kontribusi terhadap suksesnya kehamilan dengan cara memperbaiki kualitas sperma.  Riset ini adalah adalah yang pertama menunjukkan bahwa diet para suami memainkan peran penting,” terang Prof. Eskenazi.

Ia juga menambahkan, kalaupun riset ini diakui, rekomendasi asupan folat per hari bagi pria hingga 400 mikrogram seharusnya direvisi, khususnya bagi mereka yang tengah dalam program memiliki anak.  Hal ini penting guna menurunkan risiko abnormalitas kromosom pada anak-anak yang kelak mereka miliki.(kcm)